Home > Geomatika > Kesempatan berkarir di bidang Geomatika

Kesempatan berkarir di bidang Geomatika


Secara umum, seorang ahli geomatika menyukai detail, pekerjaannya sangat teliti dan ingin mengetahui dimana sesuatu, seberapa besar sesuatu tersebut dan apakah sesuatu tersebut berubah seiring dengan perubahan waktu

Ketika kita ditanya, apa definisi geomatika itu, kemungkinan kita tidak tahu harus menjawab apa. Padahal ada kemungkinan kita pernah mendengar kata tersebut sebelumnya. Kita mungkin pernah mendengar kata Global Positioning System (GPS). GPS sering digunakan dalam monitoring gunung berapi, pemetaan deforestasi global dengan gambar dari satelit dan penbuatan sistem informasi geografi (SIG) menjadi model demografi dan demikian seterusnya. Ada kemungkinan kita bukan hanya familiar dengan teknologi tersebut tapi bahkan kita telah menggunakannya dalam pekerjaan sehari-hari kita, meskipun kita tidak menyadari bahwa semuanya itu berada dalam payung geomatika.

The G-word in a Nutshell

Secara khusus, geomatika adalah ilmu dan teknologi dalam mengumpulkan, memanipulasi, menampilkan dan menggunakan data spasial dan geografi dalam bentuk digital. Dengan kata lain, geomatika memiliki akarnya dalam survey darat tradisional dengan menggunakan instrument semacam theodolit dan waterpass dan meluas hingga lebih banyak lagi metode kontemporer termasuk GPS dan 3D laser scanning. Analisa kualitas dan kuantitas dari gambar satelit dan foto udara juga termasuk dalam geomatika, sebagaimana manajemen dan manipulasi data dengan GIS dan kartografi. Ya, semua itu adalah geomatika.

Pandangan yang lebih luas

Fakta bahwa hanya sedikit orang yang pernah mendengar geomatika memiliki keuntungan tersendiri: Lulusan geomatika, apapun level kualifikasinya, biasanya akan segera menemukan pekerjaan setelah mereka mulai mencarinya. Jadi, pekerjaan jenis apa yang kita harap temukan?

Industri geomatika saat ini sangat membutuhkan tenaga kerja, karena berada dalam posisi memiliki lebih banyak pekerjaan daripada lulusannya. Ahli geomatika seringkali ditemukan bekerja di perusahaan lepas pantai sebagai pengatur pengeboran minyak dan memantau jalur perpipaan yang berada di sepanjang laut sebagaimana juga diperlukan oleh pemerintah local untuk urusan pemetaan. Otoritas local selalu mencari orang-orang yang berpengalaman dengan GIS, yang berperan dalam perusahaan transportasi dan peralatan, supermarket dan banyak industri lainnya yang mungkin tidak berhubungan secara langsung dengan geomatika.

Pengalaman dan keahlian dalam penginderaan jauh (Pemrosesan dan analisa citra satelit) atau fotogrametri (membuat pengukuran spasial dari fotografi) memungkinkan kita untuk menerima pekerjaan dalam organisasi lingkungan dan budaya nasional, atau sebuah karir dalam industri minyak dan mineral. Lulusan geomatika secara pasti memiliki kesempatan yang luas untuk melakukan perjalanan dan biasanya dibayar oleh pihak sponsor.

Dan kemudian, juga terdapat kesempatan untuk melakukan penelitian dan akademik, jika karir pada area ini menarik.

Study Opportunities in Geomatics

Pada level sarjana, terdapat hanya beberapa program geomatika tersedia di inggris –Universitas of Newcastle, University College London, dan University of East London adalah beberapa institusi pendidikan yang menawarkan program geomatika secara khusus. GIS diajarkan secara lebih luas dan sering dipelajari sebagai bagian dari program gabungan dengan geografi. Banyak dari program yang ditawarkan telah terakreditasi oleh Royal Institution of Chartered Surveyors (RICS) sebagaimana Institution of Civil Engineering Surveyors (ICES), maka selain mendapatkan tingkat akademik, kita juga mendapatkan bagian menuju kualifikasi professional penuh.

Kesempatan yang lebih banyak bias diperoleh pada tingkat pascasarjana. Beberapa institusi tidak menawarkan program geomatika pada tingkat sarjana namun menjalankan prgeam tersebut pada tingkat master/pascasarjana. Institute of Engineering Surveying and Space Geodesy (IESSG) di Nottingham University dan Institute of Marine Studies di Plymouth University adalah dua contohnya. Jurusan teknik geomatika di UCL juga menawarkan lima program MSc, masing-masing spesialisasi di beragam aspek di geomatika: GIS, penginderaan jauh, fotogrametri dengan penginderaan jauh, survey hidrografi dan surveying. Akhirnya, terdapat dua program pascasarjana yang tersedia di University of Newcastle –Mres in Geomatics dan MRes in Spatial Network Management. Dua program terakhir menawarkan pelatihan dalam metode riset dan banyak lagi untuk para lulusan yang ingin tinggal dalam suasana riset. Kebanyakan dari program ini juga mendapat akreditasi dari professional institusi.

Sebuah range dari tingkat  riset (sebagai contoh, PhD dan MPhil) mungkin juga ditawarkan oleh berbagai institusi kepada mahasiswa dari bermacam-macam latar belakang akademik. Geomatika sangat didominasi oleh ilmu matematika, fisika dan computer. Mereka yang memiliki latar belakang matematika mungkin cocok untuk belajar geodesi seperti penentuan orbit satelit dan pemodelan medan gravitasi. Yang lain mungkin cocok untuk proyek lapangan seperti arkeologi, agrikultur atau geology dan banyak lainnya.

What Makes a Geomatician?

Geomatika menarik perhatian berbagai macam orang. Secara akademik, latar belakang matematika yang ada pada ahli geomatika adalah sangat membantu, meskipun matematika di sini dipelajari dari berbagai subjek yang bukan matematika murni, seperti fisika atau teknik sipil. Seorang ahli geomatika juga memiliki prospek untuk berkaris sebagai ahli arkeologi, ahli geoglogi, ilmuwan lingkungan dan ahli geografi karena terdapat kedekatan dengan subjek-subjek tersebut dari sudut pandang keilmiahan. Secara umum, seorang ahli geomatika menyukai detil, karena pekerjaan geomatika melibatkan presisi yang sangat tinggi dan keingin-tahuan akan di mana sesuatu, seberapa besar ia, dan apakah ia berubah seiring dengan waktu. Geomatika merupakan subjek yang sangat praktikal, banyak waktu yang diluangkan di lapangan unutk mengumpulkan seluruh data mentah yang penting. Seorang ahli geomatika juga menikmati berada di luar ruangan, jaket anti-airnya dan sepatu bootnya.

Finding Out More

If you want to find out more about geomatics, then geomatics.org.uk is a good place to start. You’ll find case studies of projects and profiles of people working in geomatics as well as more information on what the subject encompasses. You’ll also find links to the institutions that offer the courses in geomatics mentioned above. If you want to go a step further then visit the RICS careers Web site.

Categories: Geomatika Tags: , , ,
  1. Tika
    November 12, 2014 at 2:22 pm

    Saran ya.. Biar lebih gampang diakses, informasi-informasi yang ada web nya bisa kamu tambahkan link web nya sekalian. Misalnya di atas kamu menyebutkan Universitas Newcastle langsung sertakan link webnya di sebelahnya. Kn lebih enak. Hehehe. Terimakasih

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: